Sabtu 04 Apr 2015 20:17 WIB

Pemerintah Targetkan Lima Tahun 4 Juta Transmigran

Lanskap lokasi transmigrasi yang dikelilingi kebun sawit di Desa Sebunga
Foto: Priyantono Oemar/Republika
Lanskap lokasi transmigrasi yang dikelilingi kebun sawit di Desa Sebunga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar menargetkan empat juta transmigran dalam lima tahun untuk menciptakan lapangan kerja dan desa-desa baru di Indonesia.

Target tersebut cukup beralasan karena telah terbukti membentuk dua daerah otonom baru, yaitu Provinsi Kalimantan Utara dan Sulawesi Barat.

"Pemerintah berharap gubernur dan bupati atau wali kota yang daerahnya memiliki potensi pemindahan dan penempatan transmigran melakukan langkah-langkah proaktif untuk mendorong masyarakat bertransmigrasi," katanya melalui siaran pers di Jakarta, Sabtu (4/4).

Menurut Marwan, upaya promosi dari pemerintah daerah menjadi langkah strategis karena sejak awal masa reformasi hingga saat ini program penempatan transmigrasi semakin meredup.

Namun, Marwan meyakini minat masyarakat bertransmigrasi masih sangat besar seiring semakin sulitnya mendapatkan akses terhadap lahan pertanian. Karena itu, ia berharap kepala-kepala daerah yang menjadi tujuan transmigrasi dapat juga memberikan dukungan dengan menyiapkan lahannya.

"Kriteria lahan yang sesuai adalah clear and clean serta layak huni, layak usaha, layal berkembang dan layak lingkungan," katanya.

Marwan mengatakan transmigrasi juga merupakan upaya melakukan percepatan pembangunan daerah tertinggal, khususnya desa yang berada di perbatasan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement