Senin 23 Mar 2015 19:16 WIB

'Cegah ISIS, Pemerintah Harus Kerja Sama dengan Kelompok Islam'

Rep: c26/ Red: Damanhuri Zuhri
Gerakan ISIS
Foto: VOA
Gerakan ISIS

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat terorisme, Al Chaidar mengatakan banyak solusi yang bisa dilakukan pemerintah untuk menangani perkembangan ISIS di Indonesia. Salah satunya dengan melakukan kontra wacana dengan organisasi anti ISIS lainnya.

"Banyak yang bisa dilakukan pemerintah untuk mengatasi ISIS, seperti program kontra wacana. Kan yang punya wacana anti ISIS banyak," kata Al Chaidar kepada Republika, Senin (23/3).

Menurutnya, pemerintah harus merangkul kelompok Islam lainnya untuk bekerja sama melawan ISIS di negara ini. Ia mencontohkan kelompok Majelis Mujahidin, Daarul Islam, dan NII sebagai bagian dari kelompok yang melawan gerakan organisasi radikal di Irak dan Suriah tersebut.

Melalui kerja sama yang terjalin, wacana tersebut diharapkan dapat mencegah supaya masyarakat tidak bergabung dengan ISIS. Diberikan gambaran yang akan terjadi jika mereka bergabung. Seperti kehilangan warga negara, masalah materi, hak waris dan sebagainya.

Ia berharap lewat pemahaman yang terjalin dari kerja sama pemerintah dengan kelompok islam di Indonesia bisa menekan laju perkembangannya. Mereka akan berpikir ulang untuk berjihad ke pusat ISIS di Suriah.

Sebab, jihad tak hanya soal perang bergabung dengan ISIS. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk berjihad termasuk di negeri sendiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement