Rabu 18 Mar 2015 09:04 WIB
WNI gabung ISIS

Ini Penyebab ISIS Berkembang di Indonesia

Rep: C13/ Red: Ilham
ISIS Indonesia.
ISIS Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia dalam keadaan waspada setelah tertangkapnya 16 Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah dipastikan ingin bergabung dengan ISIS. Sebab, penangkapan 16 WNI tersebut mengindikasikan adanya gerakan ISIS yang semakin kuat di Indonesia.

Direktur the Community of Islamic Ideology Analyst (CIIA), Ustadz Haris Abu Ulya mengungkapkan, pada hakikatnya ISIS  dianggap musuh dan ancaman bagi keberadaan dunia Barat dan rezim boneka di kawasan Timur Tengah. Menurutnya, sikap politik ini  juga telah mempengaruhi  negara Islam lainnya. Dalam hal ini, terangnya, Indonesia juga menjadi salah satu negara yang terpengaruh akan sikap tersebut.

“Selama ini Indonesia terlihat jelas telah melekat dengan proyek dekonstruksi Barat terhadap Islam,” kata Pengamat Kontra-Terorisme ini kepada Republika, Rabu (18/3).

Menurut Haris, kemunculan isu ISIS di Indonesia itu akibat dari sudut pandang media sekuler. Artinya, media sekuler telah berjalan seirama dengan pemerintahan Indonesia yang menurutnya tampak sudah sekuler dalam memandang eksistensi ISIS. Penyebabnya, karena mereka menganggap pemikiran atau ideologi ISIS cukup berbahaya bagi  ideologi bangsa Indonesia.

Untuk mengurangi pengaruh ISIS di Indonesia, Haris menyarankan agar pemerintah mengkriminalisasikan para pengikut ISIS. Hal ini berarti pemerintah perlu membuat regulasi sebagai payung hukum implementasi masalah tersebut.

Menurut Haris, pemerintah juga perlu memberikan pengarahan kepada masyarakat tentang ISIS dan bahaya yang terkandung di dalamnya. “Ditambah bermitra dengan banyak komponen masyarakat seperti ormas, tokoh-tokoh intelektual dan tokoh agama,” jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement