Selasa 17 Mar 2015 06:08 WIB

Makassar akan Tambah Enam ATCS

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Taufik Rachman

REPUBLIKA.CO.ID,MAKASSAR – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar akan memasang Area Traffic Control System  (ATCS) di enam titik di Kota Makassar. Kepala Seksi Prasarana Lalu Lintas Dishub Kota Makassar Mursalin Bado’o mengatakan, pemasangan enam ATCS sementara dalam proses administrasi lelang elektronik.

“Tahun ini (2015) ada enam titik persimpangan dipasang ATCS. Sementara dalam proses administrasi untuk lelang atau tender elektronik,” ujar dia, Senin (16/3).

 

Ke enam titik persimpangan diantaranya, Jalan Jenderal Ahmad Yani – Sudirman, Haji Bau - Cendrawasih, Sungai Saddang - Veteran, Sultan Alauddin - Syeh Yusuf, Veteran – Gunung Bawakaraeng, Fly Over atau Daya.

 

“Kita sementara mengkaji memasang ATCS antara di Fly Over atau di Daya. Dimana yang dianggap layak kita akan pasang,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pemasakan ATCS kali ini sedikit berbeda dengan alat yang sudah terpasang sebelumnya.

ATCS kali ini akan dilengkapi kamera yang bisa berputar 360 derajat. Sehingga bisa memantau aktifits disetiap persimpangan.

 

Dengan harga Rp 500 juta per persimpangan, Mursalin Bado’o mengharapkan, masyarakat bisa sama-sama bisa menjaga alat ini untuk kebaikan bersama.

ATCS sendiri dikontrol langsung dilantai 3 kantor Dishub Makassar Jalan Malengkeri Raya,  Kantor Wali Kota Makassar, dan Kantor Polrestabes Makassar Jalan Jenderal Ahmad Yani.

Selain itu dishub berencana untuk menambah pemasangan CCTV dititik-titik yang dianggap rawan macet dan tindak kejahatan, seperti Jenderal Sudirman, Anjungan Pantai Losari Fly Over. Semuanya satu komponen dan termonitor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement