Ahad 15 Mar 2015 08:35 WIB

Sumsel Beri Pelatihan Pengrajin Batu akik

 Pengunjung berjejal pada pameran batu mulia atau batu akik Gem Stone Festival yang digelar Radio Republik Indonesia (RRI) Bandung, Selasa (24/2).  (Republika/Edi Yusuf)
Foto: Republika/Edi Yusuf
Pengunjung berjejal pada pameran batu mulia atau batu akik Gem Stone Festival yang digelar Radio Republik Indonesia (RRI) Bandung, Selasa (24/2). (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan memberikan pelatihan kepada pengrajin batu akik yang ada di daerah ini. "Pihaknya akan membina pengrajin batu akik itu melalui pelatihan," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumsel Permana di Palembang, Ahad (15/3).

Dilaksanakannya pelatihan tersebut supaya pengrajin batu akik di daerah ini semakin mahir dalam mengelola perhiasan tersebut, kata dia. Dengan terampilnya para pengrajin membentuk batu yang cukup diminati itu sehingga nilai jualnya juga semakin tinggi.

Oleh karena itu pihaknya akan membina para pengrajin batu akik tersebut dengan memberikan pelatihan.

Selain memberi palatihan pihaknya juga akan membuat pasar khusus dalam penjualan batu yang saat ini sangat diminati tersebut, kata dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, memang pembinaan usaha kecil sudah menjadi tugas pihaknya supaya keberadaannya semakin mandiri. "Apalagi pengusaha kecil belum banyak yang terampil dalam memproduk usahanya sehingga pembinaan diperlukan,"ujar dia.

Sehubungan itu pihaknya akan melakukan pembinaan termasuk pengrajin batu akik, kata dia. Sekarang ini hampir disetiap sudut daerah terdapat penjual batu akik termasuk bahan sehingga itu perlu diakomondasi baik tempat mapun pelatihan, tambah dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement