Sabtu 28 Feb 2015 03:45 WIB

Ini Solusi Paling Memungkinkan untuk Cegah Aksi Begal Motor

Begal Motor (ilustrasi)
Foto: Foto : Mardiah
Begal Motor (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Komisi V DPRD Jawa Barat menyatakan aksi kejam kelompok begal motor yang meneror warga bisa dicegah dengan kembali menghidupkan gerakan pertahanan Keamanan Rakyat Semesta (Hankamrata).

"Saya kira perlu ada terobosan menghidupkan kembali hankamrata terkait aksi begal motor ini. Karena hankamrata ini menghidupkan lagi kekuatan keamanan di masyarakat oleh masyarakat," kata Wakil Ketua Komisi IV Yomanius Untung, di Bandung, Jumat (27/2).

Ia mengatakan, menghidupkan gerakan hankamrata tersebut adalah solusi yang mudah dan paling memungkingkan untuk mencegah aksi begal motor. "Karena kalau kita mengandalkan aparat kepolisian itu memang bisa, tapi kan polisi juga ada keterbatasan personil," katanya.

Selain itu, lanjut Untung, untuk memberantas begal motor kepolisian juga bisa bekerja sama dengan pihak Tentara Nasional Indonesia (TNI). Pihaknya mengaku prihatin dengan aksi begal motor tersebut terlebih empat dari kawanan begal motor itu berasal dari Jawa Barat, yakni Karawang, Depok, Bekasi dan Bogor.

"Tentunya kami sangat prihatin, karena memang saya melihat tindakan kejahatan mereka itu dilandasi oleh kondisi atau faktor ekonomi," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement