Rabu 25 Feb 2015 18:17 WIB

Alex Noerdin Minta Jokowi Bangun Kilang di Sumsel

Rep: Maspril Aries/ Red: Ilham
Pekerja menjaga kilang minyak di Basra, Iraq.
Foto: AP
Pekerja menjaga kilang minyak di Basra, Iraq.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Rencana Presiden Joko Widodo membangun dua kilang pengolahan minyak mentah mendapat respon Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin.

Gubernur Alex mengatakan, presiden Joko Widodo merencanakan akan membangun satu kilang di kawasan Timur Indonesia telah ditetapkan di Bontang, Kalimantan Timur. Satu lagi dibangun di kawasan Barat. "Untuk kawasan Barat kami meminta kepada Presiden untuk membangunnya di Sumatera Selatan.”

Menurut Alex Noerdin, untuk pembangunan kilang pengolahan minyak mentah tersebut, Sumatera Selatan sudah mempersiapkan arealnya di pantai Timur Sumatera. Kawasan itu dekatdengan kawasan ekonomi khusus Tanjung Api-Api.

“Kami usulkan pembangunan di areal Tanjung Carat, Kabupaten Banyuasin. Lokasinya cocok karena berdekatan dengan kawasan ekonomi khusus Tanjung Api-Api,” kata Alex Noerdin.

Saat ini Sumsel memiliki dua kilang yang kondisinya sudah tua. Kilang Plaju dibangun tahun 1903 oleh Shell dan kilang Sungai Gerong dibangunan 1926 oleh Stanvac. Kemudian Pemerintah melalui Pertamina membeli kilang Plaju dari Shell tahun 1965 dan membeli kilang Sungai Gerong dari Stanvac pada 1970.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement