Selasa 24 Feb 2015 17:33 WIB

41 KA Jalur Lintas Selatan Alami Perubahan Jadwal

Rep: Edy Setyoko/ Red: Ani Nursalikah
Kereta api melintas di Stasiun Tambun, Bekasi, Ahad (28/12).
Foto: Antara
Kereta api melintas di Stasiun Tambun, Bekasi, Ahad (28/12).

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Mulai 1 April 2015, PT KAI melakukan perubahan jadwal hampir seluruh perjalanan KA di Jawa dan Sumatra. Untuk KA penumpang yang melintas di jalur selatan atau wilayah Daop 5 Purwokerto tercatat 41 KA mengalami perubahan jadwal keberangkatan.

''Dengan demikian, dari 45 perjalanan KA yang melintas di wilayah Daop 5, hanya empat KA yang jadwalnya tidak mengalami perubahan,'' ujar Wakil Presiden PT KAI Daop 5 Purwokerto Safrudiansyah, Selasa (24/2).

Dari 41 KA yang mengalami perubahan jadwal tersebut, 22 KA mengalami perubahan jadwal keberangkatan lebih awal. Sedangkan 19 KA lainnya mengalami perubahan jadwal keberangkatan mundur dari jadwal sebelumnya.

''Dengan adanya perubahan jadwal perjalanan, bagi calon penumpang yang sudah memesan tiket KA untuk perjalanan 1 April dan seterusnya agar memperhatikan betul jam keberangkatan yang tertera di tiket yang sudah dibeli. Jangan sampai karena tidak memperhatikan jam keberangkatan, calon penumpang tidak tertinggal kereta,'' katanya.

Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Surono, yang mendampingi Safrudiansyah menyatakan perubahan jadwal 41 KA tersebut bervariasi ada yang mundur atau maju lebih dari satu jam dari jadwal semula, namun ada juga yang kurang dari satu jam.

Kereta api yang mengalami perubahan jadwal perjalanan cukup signifikan, antara lain KA Purwojaya jurusan Cilacap-Gambir, KA Fajar Utama Yogya jurusan Yogyakarta-Pasar Senen, dan KA Senja Utama jurusan Yogyakarta-Pasar Senen.

KA Purwojaya yang sebelumnya berangkat dari stasiun Purwokerto pukul 19.42, dimajukan menjadi pukul 16.10. Demikian juga untuk KA Fajar Utama yang sebelumnya berangkat dari Stasiun Purwokerto pukul 11.29 dimajukan menjadi pukul 09.52.

KA Senja Utama yang semula berangkat dari stasiun Purwokerto pukul 23.12, dimajukan menjadi pukul 20.50.

Dengan perubahan jadwal tersebut, perjalanan ketiga KA dari arah Jakarta menuju arah timur, juga mengalami perubahan. KA Purwojaya setelah tiba di stasiun Gambir pukul 21.23 akan segera berangkat lagi menuju Cilacap pada pukul 22.15.

'Dengan perubahan jadwal, maka KA Purwojaya menjadi KA penumpang yang berangkat paling akhir dari Stasiun Gambir,'' kata Surono.

Untuk KA yang tidak mengalami perubahan jadwal, antara lain KA Kamandaka jurusan Purwokerto-Semarang, KA Serayu pagi dan Serayu Malam jurusan Purwokerto-Pasar Senen via Bandung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement