Senin 23 Feb 2015 03:58 WIB

Siaga Darurat Cegah Kebakaran Hutan Riau Disiapkan

Kebakaran hutan Riau
Foto: Antara
Kebakaran hutan Riau

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan bahwa pemerintah telah menetapkan siaga darurat pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan di Riau.

"Tujuannya untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan pada tahun 2015," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Ahad (22/2).

Dia menjelaskan, kebakaran hutan dan lahan di Riau selalu berulang setiap tahun. Berdasarkan data hotspot tahun 2006 hingga 2014, pola karhutla di Riau terjadi dua periode dalam setahun yaitu antara Februari hingga April dan Juni hingga Oktober.

"Modus dan motif kebakaran hutan dan lahan sudah diketahui. Begitu pula berbagai peraturan pencegahan kebakaran hutan dan lahan, sudah banyak. Namun selalu saja berulang," katanya.

Berdasarkan hasil pengamatan lapangan dan makin merebaknya hotspot di area di Kabupaten Bengkalis yang berpotensi meluas, maka Menteri LH dan Kehutanan telah meminta bantuan Kepala BNPB untuk dukungan langkah-langkah siaga darurat.

"Pertama, dukungan pelaksanaan hujan buatan dalam waktu dekat," katanya. Kedua, dukungan bagi masyarakat untuk pembuatan 1.000 unit sekat kanal rawa gambut di daerah-daerah sangat rawan.

Ketiga, dukungan pesawat helikopter patroli, monitoring dan "water bombing" selama tiga bulan. Keempat, dukungan personil BNPB untuk posko di pusat dan daerah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement