Jumat 20 Feb 2015 10:25 WIB

Delapan Daerah di Jabar Ikuti Pilkada Serentak

Rep: Arie Lukhardianti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Pemungutan suara dalam pilkada.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi/ca
Pemungutan suara dalam pilkada.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah dan DPR baru saja memutuskan  pemilihan kepala daerah secara langsung. Di Jabar 8 kabupaten/kota siap menggelar Pilkada langsung yang digelar serentak pada Desember 2015.

Pelksanaan Pilkada itu, sesuai Perpu Nomor 1 Tahun 2014. Kemendagri mencatat 280 kepala daerah se-Indonesia akan menggelar Pilkada langsung tersebut.

Khusus di Jabar, daerah yang menggelar Pilkada serentak yakni Kabupaten Bandung, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Karawang, Kabupaten Pangandaran, Kota Depok, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Tasikmalaya.

"Di Jabar, 8 daerah yang akan menggelar Pilkada langsung. Waktunya sudah dipastikan Desember, tapi tanggalnya belum ditentukan," ujr Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat kepada wartawan, Jumat (20/2).

Menurut Yayat, dari 8 daerah yang sudah siap menggelar pemilihan langsung, lima daerah yakni Kabupaten Bandung, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Karawang, Kabupaten Pangandaran masa jabatan pemimpinnya memang habis tahun ini.

Sementara Kota Depok, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Tasikmalaya masa jabatan pemimpinnya berakhir pada semester pertama 2016 mendatang. "Tapi tidak masalah 8 kabupaten/kota di Jabar sudah siap menyelenggarakan Pilkada," katanya.

Sebab, kata dia, sesuai Pasal 201 Undang-undang Nomor 1 Tahun 2015 disebutkan pemungutan suara yang digelar Desember tahun ini memang dilakukan untuk pemerintah yang masa jabatannya habis pada 2015 dan semester awal 2016.

Menurut Yayat, Ia akan memanfaatkan 10 bulan waktu tersisa untuk mempersiapkan Pilkada serentak ini. Dari 8 yang sudah siap secara keseluruhan, hanya Cianjur yang belum siap secara materi. "Saya kira sekarang cuma anggaran saja dan itu Cianjur. Kalau yang 7 daerah sudah ready," katanya.

Dikatakan Yayat, KPU Jabar optimistis Cianjur yang juga masa jabatan kepala daerahnya habis pada 2016 akan siap sama dengan 7 kabupaten/kota di Jabar yang lainnya. "Saya yakin bisa. Yang penting sekarang 8 KPU di kabupaten/kota bersinergi, dengan KPU Jabar," katanya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement