Ahad 15 Feb 2015 15:30 WIB

Lukisan Affandi Sulit Dipalsukan

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Bayu Hermawan
Seseorang melihat-lihat pameran lukisan di Jakarta.
Foto: Raisan Al Farisi/Republika
Seseorang melihat-lihat pameran lukisan di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Galeri Apik, Rahmat mengatakan lukisan-lukisan karya Affandi sangat sulit dipalsukan. Sebab Ahli warisnya sangat peduli dengan lukisan Affandi bahkan mereka mempunyai Museum Affandi di Yogyakarta.

"Kehadiran Museum Affandi memudahkan orang untuk mengetahui lukisan Affandi asli atau palsu. Apalagi ahli warisnya juga peduli, jadi kalau ada yang memalsukan lukisan Affandi pasti ketahuan," kata Rahmat dalam pembukaan pameran lukisan bertajuk "Are You A Dealer or Broker?" Joint Exhibition di Jakarta, Sabtu, (14/2).

Apalagi kolektor lukisan Affandi juga membuat buku terkait berbagai lukisan Affandi. Ini sangat membantu menjaga lukisan Affandi tidak dipalsukan. Cara membedakan lukisan asli dengan lukisan palsu antara lain bisa dilihat dari tanda tangannya yang punya ciri khas. Lalu dilakukan cek fisik misalnya menggunakan cat apa.

Kemudian, ujar Rahmat, ditanyakan kepada keluarga atau ahli warisnya apakah lukisan itu asli. Selanjutnya dicek dokumentasinya. Ia menjelaskan, untuk menjaga agar lukisan tetap otentik, seharusnya para pelukis maupun seninman sejak saat ini membuat museum bagi karya-karyanya.

 

"Museum tidak harus besar, kecil tidak masalah, asal berkualitas. Museum, juga sebagai tempat dokumentasi karya-karya pelukis tak harus luas dan besar, yang penting bisa menarik audiens untuk datang." jelasnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement