Sabtu 14 Feb 2015 08:00 WIB

Rekan Sesama Seniman Merasa Kehilangan Sosok Alex Komang

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Bilal Ramadhan
Alex Komang
Foto: Antara/Irwansyah Putra
Alex Komang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Aktor senior Alex Komang telah menghembuskan nafas terakhirnya di di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr Karyadi, Semarang, Jawa Tengah, pada Jumat (13/2). Kepergian Alex Komang tentu menyisakan banyak duka bagi kalangan insan film dan masyarakat.

Lini masa jejaring media sosial Twitter sendiri saat ini terus kebanjiran ucapan belasungkawa dari netizen hingga nama Alex Komang jadi trending topic di Indonesia.

''Alex Komang itu selalu bersemangat. Saya dan pasti banyak orang kehilangan sosoknya. Dia salah satu aktor terbaik yang dimiliki tanah air. Selamat jalan sahabatku, di mana pun selalu saya percaya dia akan melukis warna,'' ujar Happy Salma saat dihubungi Republika, Jumat (13/2).

Happy yang menjadi ikon AFI 2014 lalu ini mengaku punya banyak kenangan manis dengan almarhum. Ia menuturkan bersama Alex Komang, ia pernah sama-sama ke kampung halamannya di Jepara, Jawa Tengah.

"Dan terakhir kita shooting sama-sama untuk film. Selalu penuh diskusi yang diselingi canda, dia banyak cerita proses kreatif dia. Alex itu selalu bersemangat. Saya dan pasti banyak orang kehilangan sosoknya. Dia salah satu aktor terbaik yang dimiliki tanah air. Selamat jalan sahabatku,'' tutur Happy.

Penyair Jose Rizal Manua juga merasa kehilangan teman yang selama ini kerap berdiskusi soal perfilman, dunia teater dan puisi. ''Innalillahiwainnailaihirajiun. Telah meninggal dunia sahabat kita. Semoga arwahnya diterima dan ditempatkan di tempat yang terbaik di sisi Allah SWT. Amin Ya Rabbal Alamin.,'' doa Jose.

Ia kerap mengingat bahwa Alex Komang tak pernah melupakan tempat tongkrongannya di Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta yang bersejarah bagi perjalanan karirnya di dunia akting.

Ungkapan duka juga disampaikan sutradara Joko Anwar melalui akun Twitter miliknya, @jokoanwar, atas kepergian aktor senior Alex Komang. ''Mas Alex Komang telah berpulang... Selamat jalan, Mas Alex. Kami sangat kehilangan dan akan merindukanmu,'' tulisnya.

Kini, aktor yang juga piawai sebagai penulis skenario film ini telah tiada. Alex Komang yang belum berkeluarga ini tutup usia di umur 53 tahun di RS Karyadi, Semarang, Jawa Tengah, pada Jumat (13/2). Pria yang kesehariannya kerap tampil bersahaja dengan selalu mengenakan topi ini meninggal akibat kanker hati atau hepatitis B yang dideritanya sejak 2013.

Almarhum Alex Komang saat ini telah berada di rumah duka yang berlokasi di Jalan Sidolali No.6, Pecangaan Kulon, Jepara, Jawa Tengah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement