Rabu 11 Feb 2015 23:19 WIB

Aher: Waduk Ciawi Selesai 2017

Aher dan Jokowi ketika menghadiri rapat Forum Badan Kerjsama Pembangunan (BKSP),  Katulampa, Bogor.
Foto: ahermediacenter.com
Aher dan Jokowi ketika menghadiri rapat Forum Badan Kerjsama Pembangunan (BKSP), Katulampa, Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengatakan proyek pengerjaan waduk Ciawi di Kabupaten Bogor diperkirakan akan rampung pada 2017.

"Tahun ini pembebasan lahan, 2016 mulai konstruksi. Harusnya tahun 2017 selesai. Waduk akan mampu menampung debit air sungai Ciliwung dan akan mengurangi volume air ke wilayah hulu seperti Jakarta," kata Aher usai rapat kabinet terbatas bersama Presiden Jokowi, Rabu (11/2).

Menurutnya pendanaan untuk pembebasan lahan berasal dari APBD DKI Jakarta sementara konstruksi waduk akan diambil dari APBN.

Selain membangun waduk, pemerintah provinsi Jawa Barat juga melakukan normalisasi sungai untuk dijadikan tempat penampungan air saat musim hujan.

"Selain pembangunan infrastruktur, yang tidak kalah penting adalah konservasi wilayah hulu untuk mengurangi risiko banjir," kata Aher.

Presiden Joko Widodo pada Rabu sore menggelar rapat terbatas di Istana Negara bersama menteri dan pejabat terkait membahas masalah banjir yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

"Hal ini perlu kita seriusi sehingga masalah yang sudah bertahun-tahun bisa diselesaikan atau paling tidak dikurangi sebanyak-banyaknya," kata presiden

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement