Sabtu 07 Feb 2015 10:06 WIB

Proton Jadi Mobnas, Bagaimana Proyek Mobil Esemka?

Presiden Joko Widodo, Wapres Jusuf Kalla, dan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah (tengah).
Foto: Antara
Presiden Joko Widodo, Wapres Jusuf Kalla, dan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah (tengah).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kunjungan Presiden Jokowi ke Malaysia menghasilkan kerjasama untuk menggandeng Malaysia Proton Hodlings Berhard menjadi mobil nasional (mobnas). Perusahaan yang dipilih Jokowi dari Indonesia adalah PT Adiperkasa Citra Lestari milik AM Hendropriyono.

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengingatkan kebijakan Jokowi itu. Pasalnya, Jokowi pernah berjanji untuk menjadikan mobil Esemka sebagai mobnas.

Patut diingat pula, popularitas Jokowi meningatkan dari wali kota Solo menjadi gubernur DKI Jakarta, dan presiden RI salah satunya berkat Esemka.

"Kalau saya jadi JOKOWI saya akan membawa mobil #esemka dalam kerjasama dengan PROTON MALAYSIA menuju Mobnas," katanya melalui akun Twitter, @Fahrihamzah.

Karena itu, politikus PKS tersebut mengingatkan Jokowi untuk merealisasikan janjinya. "Nama #esemka sudah kadung jadi janji JOKOWI dan seharusnya direalisasikan perlahan."

Fahri melanjutkan, "Momen ini juga bisa dipakai tidak saja untuk memulai proyek mobnas tetapi menghargai nama teman2 #esemka yg sdh dipakai."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement