Selasa 03 Feb 2015 11:03 WIB

Pengrajin Batu Akik Banten Bakal Dibina

Rep: C81/ Red: Ilham
 Bermacam batu akik dengan cincin perak di ITC Kebonkalapa, Kota Bandung, Ahad (14/9). (Republika/Edi Yusuf)
Bermacam batu akik dengan cincin perak di ITC Kebonkalapa, Kota Bandung, Ahad (14/9). (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG - Kepala Dinas Dinas Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (KUMKM) Banten, Nurhana mengatakan, pemerintah akan serius menggarap pembinaan para pengrajin batu alam khas Banten. Sebab, pasar batu akik itu sudah besar dengan perputaran uang mencapai miliaran rupiah ini.

"Pasar Kalimaya akan kami bidik serius untuk dibina agar bisa dikelola melalui wadah koperasi. Batu akik ini kan sedang tren, sehingga kami akan fasilitasi pembentukan koperasinya agar pemasarannya dikelola dengan baik," katanya di Serang, Selasa (2/3).

Provinsi Banten memiliki ciri khas batu akik sendiri, yaitu batu akik Kalimaya. Keindahan batu alamini mendapat tempat tersendiri di hati pecinta batu dan poara kolektor.

Menurut Nurhana, jenis Kalimaya yang dihasilkan oleh Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, Banten memiliki karakteristik berbeda sehingga pecinta batu bisa memilih jenis yang disukai.

"Konon batu ini nama aslinya adalah Kali Maja karena batu ini berada di dalam sungai atau kali yang ada di Maja. Makanya memang batu ini khas dari Banten," Nurhana.

Batu Kalimaya sendiri memiliki harga yang variatif hingga 2.500 dollar per karat. Batu ini juga masuk dalam jajaran 10 batu mulia termahal di dunia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement