Selasa 27 Jan 2015 21:21 WIB

BBPOM dan Disperindag Aceh Teliti Apel Impor

Pedagang menata apel impor di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Selasa (28/1). (Republika/Prayogi)
Foto: Republika/Prayogi
Pedagang menata apel impor di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Selasa (28/1). (Republika/Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Aceh dan Disperindag setempat meneliti buah apel impor asal California, Amerika Serikat yang dijual pedagang di Pasar Buah Peunayong Kota Banda Aceh.

"Kami telah mengambil sampel buah apel impor jenis Granny Smith dan Gala yang diproduksi di California, Amerika Serikat karena terindikasi terkontaminasi bakteri Listeria Monocytogenes," kata Kepala BBPOM Aceh Syamsuliani di Banda Aceh, Selasa (27/1).

Bakteri Listeria monocytogenes adalah bakteri yang dapat menyebabkan infeksi serius dan fatal pada bayi, anak-anak, orang sakit dan lanjut usia, serta orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Orang sehat yang terinfeksi mungkin menderita gejala jangka pendek seperti demam tinggi, sakit kepala parah, pegal, mual, sakit perut, dan diare. Infeksi listeria dapat menyebabkan keguguran pada perempuan hamil. "Kedua sampel yang diambil ini akan dilakukan uji laboratorium dan hasilnya akan ditindaklanjuti," katanya.

Pihaknya akan mengamankan dan memusnahkan berbagai makanan, obat, minuman dan kosmetik yang ditemukan beredar di pasaran.

Dalam sidak yang dilakukan di pasar buah di kawasan Kota Banda Aceh itu juga turut serta Kepala Disperindag Aceh Safwan dan Badan Ketahanan Pangan.

Sebelumnya Kementerian Perdagangan secara resmi telah mengumumkan pelarangan perdagangan produk buah apel jenis Granny Smith dan Gala produksi Bidart Bros, Bakersfield, California, AS, karena kedua jenis apel, yang biasa dijual dengan merek Granny's Best dan Big B, diduga terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement