Ahad 25 Jan 2015 17:40 WIB

Aktivitas Gunung Sinabung Masih Berbahaya

Rep: C60/ Red: Ilham
  Gunung Sinabung kembali meluncurkan awan panas ketika terlihat di Desa Surbakti, Simpang Empat, Karo, Sumut, Jumat (17/10).  (Antara/Septianda Perdana)
Gunung Sinabung kembali meluncurkan awan panas ketika terlihat di Desa Surbakti, Simpang Empat, Karo, Sumut, Jumat (17/10). (Antara/Septianda Perdana)

REPUBLIKA.CO.ID, KARO -- Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kabupaten Karo, Sumatra Utara menyatakan bahwa status gunung Sinabung masih dalam keadaan siaga level tiga. Para penduduk dilarang beraktivitas di kawasan sejauh radius tiga kilometer dari puncak gunung.

"Status masih siaga, level 3. Rekomendasi radius 3 kilometer keliling harus tetap steril," kata Petugas PVMBG bagian Pengamat Gunung Sinabung, Windi Cahya kepada Republika, Ahad (26/1). 

Radius tersebut, kata dia, merupakan kawasan yang sewaktu-waktu dapat dilewati awan panas atau lahar dingin yang berbahaya. Sementara, warga di luar wilayah steril sudah direkomendasikan untuk kembali ke rumah masing-masing. Namun sebagian besar warga belum kembali ke rumah masing-masin.

"Mungkin warga takut kembali. Bisa jadi karena tidak ada aktivitas, karena ladangnya masih dilapisi debu sampai setengah meter," jelasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement