Kamis 22 Jan 2015 21:59 WIB

Irwansyah Diperiksa KPK Soal TPPU Wawan

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Karta Raharja Ucu
 Artis Irwansyah berada diperiksa KPK sebagai saks, terkait kasus  tindak pidana pencucian uang (TPPU) Tubagus Chaeri Wardhana atau Wawan, Jakarta, Rabu (5/11).  (Republika/ Wihdan)
Artis Irwansyah berada diperiksa KPK sebagai saks, terkait kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) Tubagus Chaeri Wardhana atau Wawan, Jakarta, Rabu (5/11). (Republika/ Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor sekaligus penyanyi, Irwansyah diperiksa KPK, Kamis (22/1). Suami aktris Zaskia Sungkar itu diperiksa sebagai saksi untuk tersangka tindak pidana pencucian uang (TPPU) Tubagus Chaeri Wardhana atau Wawan.

Artis yang namanya melambung melalui film My Heart itu datang dengan mengenakan topi pet dan baju lengan pendek motif kotak-kotak. Kehadirannya ini cukup mengejutkan, lantaran tidak ada dalam jadwal pemeriksaan yang dipublikasi KPK.

Namun, beberapa hari lalu namanya masuk jadwal pemeriksaan dan dia mangkir. Tanpa berbicara satu kata pun dia masuk ke lobi gedung lembaga antikorupsi itu. Sekitar pukul 18.25 WIB dia keluar gedung KPK. Namun, kakak ipar Shireen Sungkar itu lagi-lagi enggan memberi komentar.

Meski terus didesak wartawan mengenai keterkaitannya dengan Wawan, Irwansyah tetap bungkam. Dia hanya tersenyum dan bergegas menuju mobil Alphard putih bernomor polisi B 151 ZAS yang menjemputnya di depan gerbang masuk Gedung KPK.

Sebelumnya, Jumat (16/1), Irwansyah dipanggil penyidik KPK untuk menjalani pemeriksaan sebagai saksi kasus TPPU yang diduga dilakukan Wawan. Namun, ia tak datang dan tidak memberikan konfirmasi ke penyidik mengenai ketidakhadirannya.

Pemanggilan terhadap Irwansyah sebelumnya juga pernah dilakukan penyidik KPK, Rabu (5/11/2014). Usai pemeriksaan waktu itu, Irwansyah mengaku telah menjawab pertanyaan penyidik mengenai tudingan adanya aliran dana yang diduga ia terima dari Wawan.

"Saya sudah jelaskan sejelas-jelasnya kepada KPK, soal film. Insya Allah, setelah itu tidak yang dirugikan lagi atau tidak ada fitnah kepada saya atau pihak lain," katanya.

Irwansyah dikabarkan pernah bersama Wawan membangun bisnis rumah produksi R-One. Kabarnya, rumah produksi tersebut menjadi tempat pencucian uang atas hasil uang korupsinya adik Gubernur Banten nonaktif, Ratu Atut Chosiyah.

Terkait TPPU Wawan, KPK telah menyita puluhan unit mobil miliknya. Di antaranya, mobil-mobil mewah bermerek Ferrari, Lamborghini, Bentley, Mini Cooper, hingga truk-truk pengaduk semen.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement