Kamis 22 Jan 2015 18:26 WIB
PDIP vs Abraham Samad

Muncul KPK Watch, Laporkan Samad ke Bareskrim Polri

Rep: C07/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua KPK Abraham Samad menerima petisi dari Koordinator ICW Ade Irawan.
Foto: Antara
Ketua KPK Abraham Samad menerima petisi dari Koordinator ICW Ade Irawan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekelompok orang menyambangi Bareskrim Mabes Polri. Kedatangan beberapa orang yang mengaku tergabung dalam KPK Watch Indonesia itu bermaksud melaporkan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad ke Bareskrim.

"KPK Watch melaporkan dugaan Ketua KPK pernah bertemu dengan sejumlah petinggi partai," kata Direktur Eksekutif M. Yusuf Sahide, di Mabes Polri, Kamis (22/1).

Dia menjelaskan, pelaporan tersebut berdasarkan pemberitaan yang mencuat di media massa mengenai sepak terjang Abraham Samad dalam tulisan blog milik Sawito Kartowibowo di Kompasiana yang berjudul 'Rumah Kaca Abraham'.

Dalam artikel tersebut disebutkan bahwa Samad pernah beberapa kali bertemu dengan petinggi parpol PDI P dan membahas beberapa isu termasuk tawaran bantuan dalam penanganan kasus politisi Emir Moeis yang tersandung perkara korupsi.

Yusuf berkata, bila memang isi artikel itu benar, maka Samad sudah melakukan tindakan yang melanggar etika dan hukum sebagai seorang pimpinan lembaga antirasuah tersebut. Ia pun meminta agar Polri dapat mengusut dan menyelidiki kebenaran isu tersebut.

"Hal ini tentu saja bisa mencederai KPK dan menggerus kepercayaan publik terhadap KPK," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement