Rabu 21 Jan 2015 11:15 WIB

Bambang: Kami Mendorong Menko Polhukam Bantu KPK

Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdjianto (kanan).
Foto: Antara
Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdjianto (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- KPK akan menembuskan surat panggilan pemeriksaan saksi kepada presiden dalam penyidikan kasus dugaan tindak pidana korupsi terkait transaksi mencurigakan dengan tersangka Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan, bila saksi dua kali mangkir dari panggilan.

"Ada mekanisme prosedural dalam pemanggilan saksi, kami akan memberikan tembusan ke presiden dan Menkopolhukam untuk menunjukkan dua kali panggilan tidak hadir sehingga semua pihak memberi perhatian secara tuntas," kata Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto di gedung KPK Jakarta, Selasa (21/1).

KPK pada Selasa memanggil dua jenderal dan satu pejabat tinggi Polri dalam kasus tersebut, yaitu mantan kepala Biro Perencanaan dan Administrasi Inspektorat Pengawasan Umum Polri Brigjen (Purn) Heru Purwanto, mantan wakil Inspektorat Pengawasan Umum Mabes Polri Irjen Andayono yang sekarang menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Timur dan Waka Polres Jombang, Kompol Sumardji.

Namun, ketiganya tidak memenuhi panggilan dan hanya Irjen  Andayono yang memberikan alasan, yaitu harus kembali ke Balikpapan karena ada peristiwa kapal tenggelam, sedang dua saksi lain tidak memberikan alasan.

Sebelumnya, KPK juga merencanakan pemeriksaan terhadap tiga saksi dalam kasus ini, yaitu Direktur Pidana Umum Badan Reseserse Kriminal (Dirtipidum Bareskrim) Polri Brigjen Herry Prastowo dan dosen utama Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian Kombes Ibnu Isticha.

Selain itu, pengajar Widyaiswara Utama Sespim Lembaga Pendidikan Polri (Lemdikpol) Irjen (Purn) Syahtria Sitepu, namun hanya Syahtria yang datang. "Surat pemanggilan kedua sudah dibuat dan segera akan disampaikan dan surat panggilan ketiga akan dipanggil dengan tembusan," ungkap Bambang.

Namun Bambang mengatakan bahwa KPK belum akan melakukan pemanggilan paksa terhadap para saksi kasus tersebut. "Sampai hari ini belum ada opsi panggil paksa. Semua orang yang dipanggil apalagi penegak hukum pasti tahu tugas dan kewajibannya, mudah-mudahan mereka akan hadir karena merkea adalah penegak hukum," kata Bambang.

Sedangkan menanggapi pernyataan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Tedjo Edy Purdjiatno yang meminta KPK membuktikan Budi Gunawan bersalah, Bambang berharap Menkopolhukam membantu penuntasan kasus ini sesuai dengan kewenangannya.

"Kami mendorong Menkopolhukam, sebaiknya menggunakan kewenangan masing-masing untuk membantu KPK supaya proses penegakkn hukum ini bisa segera dilakukan dan bukan malah menambah kekisruhan," tegas Bambang.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement