Jumat 09 Jan 2015 15:03 WIB

Ridwan Kamil akan Jadikan Puncak KTT Asia-Afrika Hari Libur

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Hazliansyah
  Upacara peringatan Konferensi Asia Afrika di jalan Asia-Afrika, Bandung, Kamis (18/4). (Republika/Arief Maulana Hasan)
Upacara peringatan Konferensi Asia Afrika di jalan Asia-Afrika, Bandung, Kamis (18/4). (Republika/Arief Maulana Hasan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Acara puncak peringatan KTT Asia Afrika akan digelar di Bandung pada 24 April mendatang. Rencananya, Pemkot Bandung akan menjadikan hari puncak peringatan yang jatuh pada hari Jumat tersebut sebagai hari libur. 

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, hal itu dilakukan untuk memperlancar mobilisasi para kepala negara dan pejabat pemerintahan lain yang akan datang dari Jakarta ke Bandung. 

"Saya sebagai tuan rumah juga sedang gelisah karena acaranya besar. Ada wacana kita bikin libur, Kota Bandung diliburkan di hari Jumat," ujar Ridwan Kamil usai rapat terbatas persiapan KTT Asia Afrika di Kantor Presiden, Jumat (9/1). 

Peringatan 60 tahun KTT Asia Afrika dan 10 tahun New Asian African Strategic Partnership akan digelar di Jakarta dan Bandung pada April mendatang. Sebanyak 109 kepala negara bakal hadir dalam forum internasional tersebut.

Menteri Luar Negeri Retno Marsoedi, mengatakan acara peringatan 60 tahun KTT Asia Afrika sendiri akan digelar dalam dua sesi. 

Sesi pertama akan berlangsung di Jakarta pada 19 sampai 23 April. Sesi tersebut akan terdiri dari beberapa pertemuan, mulai dari pertemuan tingkat pejabat tinggi, tingkat menteri, dan diakhiri dengan pertemuan kepala negara. Kemudian, sesi kedua, yakni acara peringatannya, akan digelar di Bandung pada 24 April.

"Tadi presiden memberi arahan, selain acara pokok, juga dilakukan event besar Asia-Afrika Summit dan Asia-Afrika Carnaval yang akan dikelola wali kota Bandung dan Pemprov Jawa Barat," ucap menteri luar negeri perempuan pertama tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement