Rabu 07 Jan 2015 15:04 WIB

Air Asia Cairkan Dana Sementara Rp 300 Juta per Penumpang

Air Asia (ilustrasi)
Foto: Air Asia
Air Asia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Presiden Direktur Air Asia Indonesia Sunu Widiyatmoko mengaku telah mencairkan dana awal sebagai uang muka sebesar Rp300 juta per penumpang atas inisiatif Air Asia.

"Pemberian Rp300 juta sebagai dana awal adalah murni inisiatif kami, karena kalau harus menunggu sampai final, masih menunggu administrasi, pasti lama," katanya, Rabu (7/1). 

Menurut dia, keluarga korban akan membutuhkan dana untuk mengurus administrasi akibat kejadian ini, sehingga dana sebesar Rp300 juta diharapkan membantu, dan menjadi bekal dalam proses pengurusan jenazah.

Ia pun mengaku sengaja tidak menyebut nominal kompensasi atau ganti rugi kepada publik. Alasannya untuk menjaga perasaan keluarga korban kecelakaan pesawat AirAsia QZ 8501.

"Saya selama ini selalu dengan keluarga, dan keluarga tidak ingin bicara uang, karena bagi keluarga itu menyakitkan, sebab akan ada konotasi bahwa para penumpang tidak selamat (jika berbicara kompensasi). Ini berbeda dengan pengharapan mereka," kata Sunu di Surabaya, Rabu (7/1).

Ia mengatakan kompensasi akan segera diberikan jika proses evakuasi dan identifikasi korban kecelakaan pesawat AirAsia QZ 8501 selesai dilakukan.

Menurut dia, kompensasi yang diberikan sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 77 Tahun 2011 tentang tanggung jawab pengangkut angkutan udara. Dalam peraturan itu, khususnya pada Bab II Pasal 3 disebutkan jika jumlah ganti rugi penumpang meninggal dunia akibat kecelakaan udara sebesar Rp1,25 miliar per penumpang.

"Saya memastikan AirAsia pasti akan memberikan kompensasi ini," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement