Sabtu 03 Jan 2015 11:38 WIB

Tak Ada Lagi Jadwal Surabaya-Singapura di Laman Air Asia

Rep: Andi Nurroni/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi padatnya jalur Air Asia QZ 8501
Foto: Republika/Nasihin Masha
Ilustrasi padatnya jalur Air Asia QZ 8501

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pihak Air Asia Indonesia sudah tidak lagi menyediakan layanan penerbangan rute Surabaya-Singapura. Penutupan rute tersebut oleh Air Asia sepertinya dilakukan menyusul pembekuan izin operasi Air Asia pada rute tersebut oleh pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jumat (2/1).

Penelusuran di laman airasia.com menunjukan, tidak ada jadwal sama sekali penerbangan rute Surabaya-Singapura, tercatat sejak 2 Januari dan seterusnya. Hal yang sama juga berlaku untuk penerbangan sebaliknya, dari Singapura ke Surabaya.

Sebelumnya, jadwal penerbangan normal Air Asia untuk rute berkode QZ 8501 tersebut adalah setiap hari Selasa, Rabu, Jumat, dan Ahad. Hingga saat ini, pihak Air Asia belum memberikan keterangan soal penghentian penerbangan rute Surabaya-Singapura tersebut.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan, melalui surat Dirjen Perhubungan Udara bernomor AU 008/1/1DRJU-DAU-2015, tertanggal 2 Januari 2015, menyatakan membekukan sementara izin penerbangan Air Asia Surabaya-Singapura.

Hal tersebut diambil karena sejumlah alasan, salah satunya bahwa Air Asia telah melanggar izin penerbangan yang ditetapkan Kementerian Perhubungan. Disampaikan, penerbangan Air Asia pada Ahad tidak sesuai dengan jadwal yang dizinkan Kemenhub.

Dalam surat tersebut disebutkan, penghentian izin juga berkenaan dengan proses investigasi jatuhnya pesawat Air Asia QZ 8501, Ahad (28/12) lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement