Kamis 01 Jan 2015 21:07 WIB

1.200 Personel Basarnas Dikerahkan pada Hari ke-5 Pencarian Air Asia

Rep: C81/ Red: Bayu Hermawan
Petugas Basarnas menemukan barang milik penumpang Air Asia QZ8501.
Foto: Mirror
Petugas Basarnas menemukan barang milik penumpang Air Asia QZ8501.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Badan SAR Nasional (Basarnas) mengerahkan sekitar 1.200 personel pada hari ke-5 operasi pencarian hilangnya pesawat Air Asia QZ 8501. Personel yang diturunkan tersebut merupakan tim gabungan dari Polisi Republik Indonesia,TNI Angkatan Udara, Angkatan Darat beserta Angkatan Laut.

"Hari ini kita turunkan 1.200an personel, tapi untuk angka pastinya saya tidak terlalu ingat, tapi itu semua yang turunkan ke lapangan," kata Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya TNI F Henry Bambang Sulistyo di Kantor Basarnas, Kamis (1/1).

Selain ratusan personel yang diterjunkan, juga ada 670 Search and Rescue Unit (SRU) kekuatan darat yang disiapkan untuk membantu. "Untuk yang stand by kita prioritaskan dari angkatan darat," ucapnya.

 

Dari 1200-an personel itu, Basarnas juga menerjunkan tim penyelam gabungan dari angkatan laut dan Basarnas. Tim penyelam tersebut diterjunkan dan sedia di dari Kapal Negara (KN) Purworejo Basarnas sebanyak 59 penyelam.

"Ada 47 penyelam dari Kopaska (Komando Pasukan Katak) dan dari Basarnas berjumlah 12 penyelam," ujarnya.

Namun, Sulistyo juga mengatakan bahwa tim penyelam kesulitan dan tidak bisa melakukan pencarian maksimal lantaran cuaca yang masih ekstrem. 

"Dari kondisi cuaca gelombang sangat tidak mendukung. Mereka sudah mencobanya tapi tidak bisa maksimal," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement