Rabu 31 Dec 2014 17:56 WIB
Catatan 2014

Pada 2015 Diharapkan Elite Politik Lebih Santun

Rep: Niken Paramita/ Red: Joko Sadewo
Wakil Ketua DPD Farouk Muhammad
Foto: Antara/Yudhi Mahatma
Wakil Ketua DPD Farouk Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Farouk Muhammad meminta di 2015 para elit politik menampilkan perilaku politik yang lebih santun, sesuai nilai-nilai demokrasi Pancasila. Selain itu, para pelaku politik juga lebih mengedepankan kepentingan bangsa dan menampilkan politik yang lebih kondusif.

“Praktek perpolitikan penting, namun jauh lebih penting tentu saja mendahulukan kepentingan bangsa dan negara. Terkait adanya polarisasi dan kompetisi dalam politik nasional memang sesuatu yang sifatnya alamiah, namun seluruhnya harus dilandasi nilai-nilai kebangsaan dan komitmen besar untuk kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Farouk menambahkan kondisi yang kondusif dapat ditempuh dengan keteladanan di kalangan elit politik, pemerintah, pimpinan instansi, dan partai politik. Menurutnya, hal ini adalah kunci yang bisa menjamin kehidupan bangsa dan negara yang lebih baik mendatang.  

Selain di dunia politik, Farouk juga berharap di tahun baru ini upaya pemberantasan korupsi dan pencegahannya semakin meningkat. Serta adanya peningkatan supremasi hukum.

“Terbebas dari berbagai situasi yang malah makin mencerminkan karut marut di dunia penegak hukum, seperti pertikaian fisik antarinstansi penegak hukum dan keamanan. Bagaimana masyarakat dapat merasa aman bila aparat masih sering bertikai,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement