Selasa 30 Dec 2014 17:59 WIB

Brankas Emas Pedagang Pasar Klewer Rawan Dijarah

Rep: Edy Setyoko/ Red: Agung Sasongko
Pasar Klewer terbakar.
Foto: Twitter
Pasar Klewer terbakar.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Pedagang Pasar Klewer mulai menyelamatkan barang berharga miliknya. Setelah kondisi lokasi kebakaran mulai dinyatakan ''aman'', pemilik kios sudah berhasil menyelamatkan brangkas tempat menyimpan uang dan perhiasan emas.

Memasuki hari ketiga usai kebakaran, menurut catatan sementara Dinas Pengelola Pasar (DPP) Pemkot Solo, petugas sudah mengevakuasi 15 brangkas, dan sejumlah mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri). ''Masih ada beberapa buah yang belum kita amankan,'' kata Subagyo, Kepala DPP Pemkot Solo, Selasa (30/12) pagi.

Pengambilan brangkas dan mesin ATM, kata Subagyo, harus dilakukan ekstra hati-hati. Pengambilan barang juga harus dikawal aparat kepolisian. Dan, pemilik harus menunjukkan SHP (Surat Hak pengelola) kios, surat keterangan lain,  minta bantuan petugas untuk mengambil brangkas yang tertanam dalam kios. Setiap pengambilan brangkas dibantu 10 petugas Brimob.

Jadi, pemilik sendiri yang mengambil brangkas dengan bantuan pengawalan petugas. Pemilik tidak bisa menunjukkan bukti kepemilikan, kata Subagyo, tak bisa sembarangan mengambil brangkas. Ketatnya pengawalan ini, untuk menghindari penjarahan tempat menyimpan barang berharga.

Seperti diketahui, sebagian besar brangkas tersimpan di  kios toko emas berada di lantai bawah. Di sana, ada deretan khusus toko emas. Sebagian besar dagangan emas disimpan dalam brangkas. Mengingat benda yang dievakuasi termasuk barang berat, dan kuat ditanam, harus dilakukan ekstra hati-hati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement