Senin 29 Dec 2014 10:27 WIB

Sudah Tergenang, Pemprov DKI Baru Nyatakan Siap Tangani Banjir

Rep: C62/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
 Warga meilntas saat banjir yang melanda kawasan Petogogan, Jakarta Selatan, Jumat (26/12). (Republika/Agung Supriyanto)
Warga meilntas saat banjir yang melanda kawasan Petogogan, Jakarta Selatan, Jumat (26/12). (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Akhir Tahun 2014 Jakarta bakal terus d‎iguyur hujan sampai awal tahun 2015. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengaku sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk menangani masalah banjir.

‎Untuk itu, Wakil Gubenur DKI Jakarta Djarot Saeful Hidayat menyampaikan masyarakat tidak perlu khawatir dengan intensitas hujan yang terjadi saat ini. "Bahwa fasilitas kita udah siap," kata Djarot kepada wartawan di Balai Kota, Senin (29/12).

Mantan walikota Blitar itu menyampaikan kesiapan itu misalnya Pemprov sudah menyiapkan pompa air untuk menyedot genangan air yang terjadi di beberapa titik di Jakarta.

 

"Artinya target kita supaya banjir di Jakarta tidak lama menggenangnya dan tidak semakin meluas," katanya.

Djarot mengatakan, pengerjaan rumah pompa yang tersebar di beberapa titik di Jakarta itu atas kerjasama Kementerian Pekerjaan Umum dan Pemprov DKI. Karena kata Djarot, sebagian rumah pompa dipasang di bawah permukaan, sehingga pengerjaannya perlu bantuan pemerintah pusat.

"Ini dibangun oleh Kemen PU dan kemudian diserahkan pada DKI tanggal 25 November kemarin. Tapi sekarang masih di bawah pengelolaan kontraktor," ujarnya.‎

Padahal beberapa hari lalu, DKI Jakarta sudah terkepung genangan baik di jalan maupun pemukiman. Hal ini bisa di cek di Trafic Management Centre Polda Metro Jaya. Setelah diguyur hujan, genangan terlihat di depan Gedung Badan Narkotika Nasional, Jalan MT Haryono.

Kawasan Jakarta Barat yang sering kali banjir juga tak luput dari genangan air. Khususnya di Jelambar Selatan dan Jalan Patra Raya Duri Kepa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement