Kamis 25 Dec 2014 19:22 WIB

Tahun Baru Diimbau tak Gelar Pesta Lampion

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Joko Sadewo
Lampion
Foto: Republika/Agung Vazza
Lampion

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -— Polres Semarang mengimbau masyarakat, pengelola tempat wisata dan pengelola acara untuk tidak mengelar pesta lampion pada malam pergantian tahun.

 

Imbauan untuk tidak menggelar pesta lampion ini dikeluarkan dengan pertimbangan resiko kebakaran yang dapat ditimbulkan.

“Terutama jika ada lampion yang gagal terbang dan jatuh pada pemukiman padat,” ujar Kapolres Semarang, AKBP Muslimin Ahmad, Kamis (25/12). Kapolres menjelaskan, imbauan ini sifatnya untuk mengingatkan agar tidak terjadi hal- hal yang tak diinginkan.

 

Karena lampion diterbangkan dengan bantuan nyala api. Jika sampai terbangnya tidak sempurna dan jatuh pada lokasi yang mudah terbakar resikonya cukup besar. “Jika memang mau membakar (menerbangkan-red) pilihlah daerah yang luas, jauh dari pemukiman, kabel listrik, dan jalur jalur penerbangan pesawat,” tambahnya.

 

Masih terkait dengan persiapan liburan tahun baru 2015, pihaknya juga hendak memantau kondisi dan keamanan wahana permainan yang disediakan sejumlah pengelola tempat wisata serta hiburan di wilayah hukum Polres Semarang. Menurutnya, keamanan dan kenyamanan pengunjung harus diprioritaskan. Jangan ampai pihak pengelola wisata mengabaikan faktor keamanan dan keselamatan pengunjung.

 

Kesiapan sarana dan prasarana keselamatan dan personel pengamanan, termasuk operator wahana perlu dicek. Terutama wahana yang menantang bahaya dan resiko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement