Selasa 23 Dec 2014 01:21 WIB

DPD Dukung Pembukaan KPK Daerah

Rep: niken paramita wulandari / Red: Esthi Maharani
  Ketua DPD Irman Gusman menjadi pembicara dalam diskusi refleksi akhir tahun 2014 di  Gedung DPD, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (22/12). (Republika/Agung Supriyanto)
Ketua DPD Irman Gusman menjadi pembicara dalam diskusi refleksi akhir tahun 2014 di Gedung DPD, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (22/12). (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman mendukung dibukanya KPK di daerah. Irman menilai kehadiran KPK di daerah sebagai upaya meningkatkan pengawasan terhadap tindakan korupsi di daerah.

"Saya mendukung. Mendukung dalam konteks masalah korupsi di daerah sekarang juga sudah semakin melebar. Supaya ada kontrol," ujar Irman di Gedung DPD, Senayan, Jakarta, Senin (22/12).

Namun Irman menambahkan, sebelum resmi dibuka, KPK harus memastikan kualitas pegawai perwakilannya berkualitas. Di saat yang sama, lanjutnya, harus ada pula peningkatan di lembaga kepolisian dan kejaksaan sehingga pencegahan dan penindakan korupsi bisa lebih maksimal.

"Tapi KPK harus meningkatkan kualitasnya, juga luas jangkauan perwakilannya," katanya.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu Ketua KPK Abraham Samad mengungkapkan rencananya membuka tiga kantor cabang di daerah. Hal itu menurutnya dapat mencegah dan memberantas korupsi diseluruh Indonesia. Namun usulan ini belum mendapat lampu hijau dari DPR dan pemerintah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement