Kamis 18 Dec 2014 16:58 WIB

Jokowi Dukung Pembentukan KPK di Daerah

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Erik Purnama Putra
  Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas bersama Juru Bicara KPK, Johan Budi berdialog dengan wartawan saat acara perpisahan Busyro di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (16/12). (Republika/Agung Supriyanto)
Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas bersama Juru Bicara KPK, Johan Budi berdialog dengan wartawan saat acara perpisahan Busyro di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (16/12). (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Kabinet (Seskab) Andi Widjajanto mengatakan, Presiden Jokowi telah mendengar rencana Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk membentuk cabang di daerah. Menurutnya, secara prinsip, Jokowi mendukung penuh pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK.

"Kalau KPK membutuhkannya untuk menguatkan pemberantasan antikorupsinya, Presiden akan mendukung," katanya usai berdiskusi dengan pimpinan KPK di gedung KPK, Jakarta, Kamis (18/12).

Rencana pembentukan cabang KPK di daerah pernah diajukan oleh lembaga antikorupsi itu. Namun, pengajuan itu ditolak mentah-mentah oleh DPR dengan alasan membebani Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN). Andi menyadari ada resistensi terkait hal tersebut. Tapi, pemerintah berjanji akan terus bekerjasama dengan KPK untuk memberantas korupsi.

Penolakan rencana pembentukan perwakilan KPK tahun 2012 di daerah diakui Juru Bicara KPK Johan Budi. "Itu pernah kami ajukan tapi ditolak sama DPR. Jadi tahun 2015 ini mau mengajukan ke DPR bukan membuka perwakilan," kata deputi Bidang Pencegahan KPK itu.

Johan mengatakan, dalam kajian yang telah dilakukan, pembukaan KPK di daerah dibolehkan dalam Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Tindak Pidana Korupsi. Konsep yang diajukan tidak jauh berbeda dengan yang pernah diajukan sebelumnya. KPK di daerah direncanakan akan fokus pada bidang pencegahan.

Selain pencegahan, Johan mengatakan, konsep KPK di daerah juga akan fokus pada Laporan Hasil Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), pendidikan antikorupsi dan pengaduan masyarakat terhadap adanya dugaan korupsi. Sementara penindakan, akan tetap difokuskan ke KPK pusat. "Jadi konsepnya bukan miniatur KPK ditaruh di daerah," katanya.

Menurutnya, dalam pengajuan nanti, KPK berencana mengusulkan lima kantor perwakilan di daerah. Semua anggaran termasuk kebutuhan terkait sumber daya juga telah dihitung. Sayangnya Johan enggan menyebut jumlah pastinya. "Itu sudah ada perhitungannya, kita lihat nanti disetujui atau tidak oleh DPR," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement