Rabu 17 Dec 2014 14:26 WIB

Ceritakan Pengalaman Tsunami, Menteri Susi Terisak

Rep: c85/ Red: Bilal Ramadhan
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti
Foto: Republika/ Wihdan
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tak kuasa menahan tangis saat menceritakan kisah pilunya saat menghadapi tsunami di Pangandaran, 2006 silam. Di saat memberi sambutan dalam acara peringatan tsunami Aceh, Menteri Susi merasa bahwa perlakuan pemerintah terhadap korban tsunami Pangandaran berbeda dengan di Aceh.

"Memangnya korban Pangandaran tidak lebih sedih dibanding korban Aceh? Semuanya sama kehilangannya," ujarnya sambil berlinang air mata, Rabu (17/12).

Susi melanjutkan, saat tsunami Pangandaran terjadi, dirinya sempat meminta bantuan kepada pemerintah untuk mengirimkan rumah sakit terapung yang saat itu berada di Nias.

"Tapi tidak bisa soalnya Jawa Barat menyatakan bahwa tsunami Pangandaran bukan masuk kategori bencana nasional. Mereka anggap ini bencana kecil. Its not accesable," ujarnya.

Padahal, lanjut Susi, Rumah Sakit Banjar yang letaknya dekat dengan Pangandaran sudah penuh dengan antrean korban tsunami Pangandaran. "Saya juga tidak bisa apa apa. Kalau Jogja dan Aceh dapat treatment itu, tidak untuk Pangandaran. Butuh dua tahun untuk recovery Pangandaran, perahu, dan lainnya," jelas Susi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement