Rabu 17 Dec 2014 14:43 WIB

Sekolah di Bogor Wajib Miliki Kantin Sekolah

Salahs atu kantin di sekolah
Salahs atu kantin di sekolah

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR--Sekolah-sekolah di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, diwajidkan memiliki kantin sekolah untuk meningkatkan budaya bersih dan sehat di lingkungan sekolah, kata seorang pejabat Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor.

"Kantin sekolah yang sehat dan bersih harus memberikan makanan dan minuman yang sehat kepada siswa dan guru-gurunya," kata Kabid Promosi Kesehatan dan Sumber Daya Kesehatan Dinkes Kabupaten Bogor, Sri B.Dwi Lestari di Bogor, Rabu.

Setelah memberikan penghargaan kepada TK Bunda Hati Kudus yang menjadi duta Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat nasional di Cibinong, Sri mengatakan kantin sekolah harus mampu memberikan keamanan dan kenyamanan bagi peserta didik.

"Jangan jadikan alasan jumlah penduduk penyebab masyarakat rentan kesehatan. Namun, jadikan jumlah penduduk yang banyak berpotensi meningkatkan kualitas sumber daya manusia," katanya.

Ia juga mengatakan bahwa prilaku hidup bersih dan sehat harus diajarkan sejak dini dimulai dari tingkat sekolah TK.

"Ada tiga kategori UKS PHBS yang mulai diterapkan untuk tingkat sekolah yaitu tingkat pratama, madia dan utama," katanya.

Ia menegaskan semua tingkatan harus dilalui oleh sekolah agar bisa jadi duta UKS tingkat nasional mewakili kabupaten Bogor.

"Memang masih banyak kendala dalam peningkatan UKS di sekolah. Namun pemerintah terus bekerja keras untuk meningkatkan kesehatan masyarakat," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement