Selasa 02 Dec 2014 16:14 WIB

Peserta Pelatihan Cuma Sedikit, Ini Jawaban Jonru Ginting

Jonru Ginting
Foto: Netsains.net
Jonru Ginting

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa waktu lalu, penulis Jonru Ginting menggelar workshop jurnalistik. Sayangnya, workshop dengan tema 'Rahasia Sukses Menjadi Penulis' itu hanya diikuti 10 orang.

Tentu saja, pria yang bernama lengkap Jon Ria Ukur Ginting ini dicibir banyak orang. Kata orang yang dimaksud adalah warga dunia maya, baik di twitter, facebook hingga Kaskus.

Karena memang Jonru dikenal sebagai salah satu orang yang sering mengkritik Presiden Jokowi melalui akun facebooknya dan twitter, @jonru . Mengetahui hal itu, di laman pribadinya, jonru.com ia menjawab berbagai tudingan itu.

Ia membenarkan bahwa jumlah peserta seminar 30 November lalu hanya 10 orang. Sebagai pebisnis sejak 2008, ia akui kadang pelatihannya sepi dan ramai.

Ia mencontohkan September 2014, pesertanya hampir 100 orang. Namun pernah pula hanya tiga orang sehingga terpaksa dibatalkan.

"Jika ini disebut kegagalan, maka kegagalan bagi seorang pebisnis adalah sarana untuk intropeksi diri. Kami mempelajari faktor-faktor kegagalannya, lalu belajar dari situ, lalu membuat strategi yang lebih baik untuk acara-acara berikutnya," tutur dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement