Selasa 02 Dec 2014 19:00 WIB

AS Target Ekspor CCO

Manado, Sulawesi Utara
Foto: DPR RI
Manado, Sulawesi Utara

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) T Hasudungan Siregar mengatakan Amerika Serikat merupakan tujuan utama ekspor Crude Coconut Oil (CCO) atau minyak kelapa kasar asal Sulut.

"Amerika Serikat menjadi tujuan utama ekspor CCO Sulut ditandai ekspor ke negara itu bisa mencapai ribuan ton setiap minggu," kata Hasudungan di Manado, Selasa.

Hasudungan mengatakan pada akhir November pengiriman CCO ke Amerika Serikat sebanyak 8.480 ton dengan sumbangan devisa bagi negara sebesar 9,20 juta dolar AS.

Realisasi ekspor produk turunan kelapa tersebut, semakin memperkuat eksistensi komoditas andalan Sulut tersebut ke pasar negara maju itu. Minyak kelapa kasar selama ini merupakan komoditas yang paling diandalkan Sulut dalam meraup devisa.

Menurutnya tingginya ekspor CCO ke AS tersebut, karena komoditas tersebut ternyata selain menjadi produk kebutuhan rumah tangga, juga bisa diolah menjadi bahan bakar alternatif biofuel.

Sulut selama ini dikenal sebagai satu di antara pemasok minyak kelapa kasar cukup besar ke pasar dunia dengan topangan beberapa pabrik besar pengolahan CCO terdapat di Sulut diantaranya Cargill, Bimoli, Ivomas Pratama, Agro Makmur Raya dan Multi Nabati Sulawesi.

Dominasi CCO terhadap ekspor Sulut diperkirakan masih akan terus berlanjut ke depan sebab sebagian besar pabrik tersebut membeli kopra dari petani untuk kemudian diolah menjadi CCO secara berkesinambungan.

Kopra merupakan bahan baku diolah menjadi minyak kelapa kasar dimana petani Sulut masih lebih tertarik mengolah buah kelapa menjadi kopra ketimbang produk turunan lainnya. Lonjakan permintaan CCO oleh pembeli Amerika Serikat semakin tinggi sejak kurun waktu dua tahun terakhir ini.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement