Sabtu 29 Nov 2014 17:07 WIB

Kepala Staff TNI Setidaknya Peraih Bintang Adhi Makayasa

Politisi Partai Hanura Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati (kiri)
Foto: Antara
Politisi Partai Hanura Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat militer, Susaningtyas Nefo Handayani Kertapati, menyatakan kepala staff TNI yang akan datang setidaknya adalah lulusan terbaik akademi militer. Mereka tentunya adalah peraih bintang Adhi Makayasa.

"Kepala staff kedepannya ya yang memiliki pengetahuan mumpuni, setidaknya pernah meraih Adhi Makayasa," imbuh wanita yang kerap disapa Nuning ini, saat dihubungi, Jumat (28/11).

Saat ini, posisi kepala staff angkatan laut (KSAL) dan kepala staff angkatan udara (KSAU) akan kosong, karena Laksamana Marsetio dan Marsekal Ida Bagus Putu Dunia, akan mengakhiri masa jabatannya. Internal TNI saat ini sedang disibukkan untuk mencari pengganti kedua orang itu.

Posisi kepala staff, menurut Nuning, harus ditempati orang yang memiliki visi ‎dan misi membangun matra baik SDM maupun alutsista. Mereka harus memiliki pengetahuan mumpuni bagaimana menjadikan matranya semakin bagus kinerjanya.

Satu hal lagi, jelas Nuning. Sebaiknya kepala staff terpilih bukan karena titipan parpol. Merekaa harus berdasarkan profesionalitas dan kapasitas. TNI yang profesional akan membuat pertahanan semakin kuat sehingga kedaulatan Indonesia semakin kuat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement