Kamis 13 Nov 2014 18:37 WIB
Golkar Memanas Lagi

Idrus: Silakan Semua Maju Jadi Ketua Umum

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Esthi Maharani
Sekjen Partai Golkar Idrus Marham .
Foto: Antara
Sekjen Partai Golkar Idrus Marham .

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekjen Partai Golkar Idrus Marham membantah adanya skenario memuluskan Aburizal Bakrie (Ical) menjadi ketua umum kembali. Dia mempersilakan semua kader Golkar untuk berkompetisi menjadi ketua umum dalam Musyawarah Nasional (Munas) mendatang.

"Tidak ada (skenario memenangkan Ical), silakan kepada seluruh kader-kader Golkar yang berminat untuk maju menjadi ketum melalui proses mekanisme yang ada," katanya di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (13/11).

Idrus mengatakan, pelaksanaan Munas tergantung dari hasil rapat pimpinan nasional (Rapimnas) 17-19 November di Yogyakarta. Tempat sampai waktu pelaksanaan akan diputuskan dalam Rapimnas tersebut.

Rapimnas akan dihadiri oleh DPP dan seluruh ketua DPD Golkar se-Indonesia.

"Mereka lah yang jadi penentu bagaimana Munas yang akan datang di Partai Golkar," ujarnya.

Sebelumnya, politikus Partai Golkar Agun Gunandjar Sudarsa mengatakan, DPP Partai Golkar di bawah kepemimpinan Ical memiliki skenario mempercepat pelaksanaan Munas IX. Pelaksanaan dipercepat menjadi akhir November 2014 dari jadwal sebelumnya yakni awal Januari 2015.

"Dalam skenarionya mereka akan menggelar munas pada tanggal 27 November di Bandung," kata Agun.

Selain itu, akan dibuat juga persyaratan tambahan bagi kandidat ketua umum, yakni harus memenuhi dukungan 10 DPD tingkat I dan 30 persen DPD tingkat II. Agun menduga wacana percepatan munas dilakukan untuk membatasi ruang gerak kader lain untuk menyosialisasikan diri sebagai kandidat ketua umum.

Di sisi lain, Ical akan berusaha mengumpulkan dukungan dari daerah. Harapannya, kata dia, hanya Ical yang bisa memenuhi persyaratan yang diterapkan dan Ical dapat melenggang mudah melalui jalur aklamasi dalam Munas IX Golkar.

Saat ini terdapat sedikitnya tujuh bakal calon ketua umum Golkar. Mereka adalah Agung Laksono, Harjiyanto Thohari, Agus Gumiwang, Airlangga Hartanto, Priyo Budi Santoso, MS Hidayat dan Zainuddin Amali. Ical sendiri diprediksi akan kembali mencalonkan diri menjadi ketua umum Golkar periode selanjutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement