Kamis 06 Nov 2014 07:19 WIB

Pemerintah akan Terus Jalankan Program Transmigrasi

Rep: Muhammad Subarkah/ Red: Mansyur Faqih
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar.
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar mengatakan, hingga saat ini masih banyak desa di Indonesia berkategori tertinggal yang perlu dibangun agar lebih berkembang dan mandiri.

Bahkan, membangun desa, mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat itu hukumnya wajib.

"Ini amanah dan ibadah, karena yang namanya prestasi untuk mengentaskan kemiskinan, prestasi untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, itu pahalanya besar," ujar Marwan di Jakarta, Rabu (5/11). 

Menurutnya, percepatan pengurangan kemiskinan di perdesaan dapat dilakukan melalui program transmigrasi. Hal itu memang tidak boleh hanya sekedar retorika belaka. 

Bila bisa dirasakan manfaatnya dengan segera, maka besaran angka kemiskinan juga akan berkurang.

Marwan mengatakan, ke depan pemerintah akan berorientasi pada kepentingan rakyat terkait dengan pembangunan desa. Apalagi sudah diketahui bahwa 60 persen lebih rakyat Indonesia masih miskin berada di desa.

Selama ini, katanya, secara nasional pemerintah membangun infrastruktur dalam skala yang besar. Biaya yang dikeluarkan pun besar pula.

Namun seringkali ini tidak cukup menjamah pada infrastruktur dasar yang diperlukan di desa-desa, di kecamatan-kecamatan, apalagi di wilayah pedalaman. "Karena itu, program transmigrasi justru mengisi program-program nasional yang terus kita jalankan hingga saat ini,” ujarnya.

Menurut Marwan, pembangunan dan pengembangan transmigrasi menjadi garda terdepan dalam perdesaan. Karena menjadi strategis dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. 

Sehingga tercipta pusat pertumbuhan yang pada akhirnya meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional dan kesejahteraan masyarakat luas.

"Tidak hanya sekedar memberikan peningkatan kesejahteraan masyarakat di lokasi saja, tapi mampu berkontribusi dalam pembangunan ekonomi mulai dari lingkup desa, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi sampai nasional," ujar Marwan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement