Sabtu 01 Nov 2014 05:45 WIB

Amran: Sayur dan Buah Lokal Harus Diperbaiki Kemasannya

Rep: c96/ Red: Taufik Rachman
Pedagang menata buah lokal di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Jumat (29/8).(Prayogi/Republika)
Foto: Prayogi/Republika
Pedagang menata buah lokal di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Jumat (29/8).(Prayogi/Republika)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menteri Pertanian Amran Sulaiman menginginkan produk pertanian nasional, terutama sayur-mayur dan buah dikemas lebih baik. Itu untuk meningkatkan kualitas produk pertanian yang akan berpengaruh pada nilai harganya.

"Kita perlu packaging, saya lihat packaging ini belum maksimal," kata Amran kepada wartawan saat blusukan dengan Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, dan Menteri Koperasi AAGN Puspayoga, di Pasar Induk Kramat Jati, Sabtu dini hari (1/10).

Amran mengungkapkan, jika pengemasan produk pertanian dilakukan dengan baik, ia yakin kualitas produk pertanian nasional meningkat. Tak hanya itu, kata dia, nilai harga jual dan penjualan akan meningkat.

"Tadi ada yang kita coba jeruk bali, manis sekali luar biasa. Kalau ini didandani dengan baik packagingnya, itu harganya bisa lebih tinggi," ucap Amran menanggapi produk buah yang dijual di Pasar Induk Kramat Jati.

Menurut Amran, harga sayur-mayur dan buah di Pasar Induk Kramat Jati relalif stabil. Jika di sejumlah pasar harga sayur-mayur dan buah naik, ujar Amran, itu menjadi keuntungan tersendiri bagi petani. Karena itu, diharapkan petani diminta bergerak cepat menanam lagi agar produktifitasnya meningkat.

Saat blusukan, Amran memberitahukan, tiga kementerian akan terus berkordinasi untuk mengeluarkan kebijakan yang seirama. "Jadi ini bisa mengambil keputusan, karena ini bertiga (Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, dan Kementerian Koperasi) turun," kata Amran seusai blusukan di pusat sayur-mayur itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement