Jumat 31 Oct 2014 18:54 WIB

Pameran Batu Akik Blok M Diserbu Pengunjung

Rep: c02/ Red: Agung Sasongko
 Bermacam batu akik dengan cincin perak di ITC Kebonkalapa, Kota Bandung, Ahad (14/9). (Republika/Edi Yusuf)
Bermacam batu akik dengan cincin perak di ITC Kebonkalapa, Kota Bandung, Ahad (14/9). (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Tren batu dan permata menarik perhatian pengunjung Mall Blok M Square, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Even Organizer Adhitama Cipta  yang mengadakan pameran  batu kebanjiran pengunjung sejak Kamis (30/10) kemarin.

Pameran yang menghadirkan 65 pengusaha batu dari berbagai daerah  menjual  batu dengan jenis seperti  bacan doko, sungai dareh, limau manis, giok aceh dan lainnya.  Batu-batu tersebut tidak hanya dibentuk seperti cincin dan kalung. Beberapa batu juga dibuat menjadi beberap jenis hewan seperti kura-kura, ikan dan buaya.

Dalam pameran tersebut panitia pelaksana Panji mengatakan, pengunjung yang hadir membeludak sampai malam hari.  Bahkan setelah pameran tutup, pengunjung masih saja berdatangan untuk sekedar melihat, menawar dan membeli batu dalam bentuk bahan ataupun sudah dijadikan cincin, kalung atau bentuk lainnya.

Pengunjung yang terpantau oleh panitia pelaksana  datang dari berbagai macam porfesi, seperti pedagang, tukang ojek, dan pengusaha. Panji melanjutkan, harga batu dalam pameran Gemstone yang sudah diikat sangat beragam.

Untuk batu bacan doko yang sudah  jadi cincin bisa mencapai Rp 1,5 Juta sedangkan untuk bahan paling murah ada yang menjual dengan harga Rp 100.000 dari berbagai jenis batu.  Penjual batu akik dalam pameran gemstone Herman menjual bahan batu dengan Jenis sungai dareh air, sungai dareh tebing, giok aceh dengan harga Rp 100 ribu per pecahan batu. Tidak jarang juga ada permintaan langsung pengunjung untuk memoles batu pilihannya menjadi cincin.

Tahun lalu, Herman yang bekerja di Gemstone King ini pernah menjual batu jenis Giok Aceh dengan harga Rp 2,5 Miliar dengan ikatan cincin berlapis emas.“Yang beli orang asing,” kata Herman pada pameran batu gemstone di halaman depan Blok M Square.

Kebanyakan pengunjung mencari batu jenis bacan doko dari Kepulauan Kasiruta, Maluku Utara  Seorang pengunjung, Arif Satria, mencari beberapa batu bahan untuk dibentuk sendiri.

Penghobi batu akik ini menyukai batu jenis bacan karena batu bacan adalah jenis batu hidup dan bisa berubah warna menjadi lebih jernih. Selain bacan, Ia juga ingin membeli bahan batu sungai dareh karena SBY pernah memberikan batu jenis sungai dareh tersebut sebagai cenderamata untuk presiden Obama.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement