Jumat 31 Oct 2014 14:11 WIB

Terpopuler di Indonesia: Tiga Penyakit Menular Melalui Udara

Rep: C97/ Red: Winda Destiana Putri
Penyebaran virus (ilustrasi)
Foto: VOA
Penyebaran virus (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada tiga penyakit menular melalui udara yang populer di Indonesia yaitu, Infeksi Saluran Pernafasan (ISPA), Peunomia atau radang paru, dan Tuberkolosis paru (TBC).

Rata-rata menyebar disebabkan oleh virus. ISPA dan Peunomia sangat rentang menjangkiti anak usia satu sampai empat tahun. Namun untuk TBC, kebanyakan pengidapnya adalah orang dewasa pada usia 65 sampai 75 tahun.

Ciri-ciri dominan dari ketiga penyakit tersebut adalah batuk dan demam tinggi. Jika seseorang batuk lebih dari satu bulan, kita harus mewaspadainya. Bisa jadi ia terserang penyakit Peunomia atau TBC. Untuk menghindari penyakit yang tertular melalui udara kita bisa menggunakan masker sebagai pelindung pernapasan.

Saat ini ada lima provinsi yang paling banyak terserang ISPA, yaitu Nusa Tenggara Timur 41,7 persen, Papua 31,1 persen, Aceh 30 persen, Nusa Tenggara Barat dan Jawa timur 28,3 persen. Tidak berbeda jauh, provinsi tersebut pun tertinggi untuk penyakit radang paru.

Selain itu ada provinsi lain yaitu Sulawesi Utara sebagai salah satu wilayah pengidap peunomia tertinggi. Sedangkan penyakit TBC tertinggi dipegang oleh Jawa Barat, Papua, Gorontalo, Banten, dan Jakarta. Data ini diperoleh dari hasil Riset Kesehatan Dasar 2013, Kementerian Kesehatan Indonesia.

Berdasarkan data ini diharapkan masyarakat mampu menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan demgan baik. Karena salah satu penyebab cepatnya penyebaran virus adalah lingkungan yang tidak bersih, karena berdebu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement