Senin 27 Oct 2014 18:57 WIB

Imparsial: 11 Menteri Jokowi Integritasnya Bermasalah

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Djibril Muhammad
Kabinet Kerja
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Kabinet Kerja

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komposisi Kabinet Kerja Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) diragukan dapat mewujudkan visi dan misi pemerintah ke depan. Hal ini dikarenakan tidak sedikit menteri yang ditunjuk memiliki masalah dengan integritas dan kapasitasnya.

Peneliti dari The Institute for Ecosoc Rights, Sri Palupi menuturkan, meskipun Jokowi telah menyeleksi para pejabat menteri yang direkrutnya lewat KPK dan PPATK, namun ternyata masih ada orang-orang tidak lolos alias punya catatan merah yang tetap dijadikan menteri oleh Jokowi.

"Saya melihat, sedikitnya ada 11 menteri di Kabinet Kerja yang punya masalah dengan integritasnya," kata Palupi di Jakarta, Senin (27/10).

Menurut Palupi, masalah integritas yang dilihat pada sebelas orang tersebut bukan hanya menyangkut masalah korupsi. Melainkan, persoalan moralitas dan keterkaitan mereka dengan mafia.

Kendati demikian, Palupi enggan menjabarkan secara rinci siapa saja kesebelas menteri itu. "Saya berharap Jokowi segera menyadarinya setelah telanjur memilih orang-orang tersebut," ujarnya.

Selain soal integritas, beberapa menteri yang dipilih Jokowi juga dinilai memiliki masalah dengan kapasitasnya. Sebagai contoh, ia menyebut Siti Nurbaya yang ditunjuk menjadi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Menurut Palupi, latar belakang perempuan yang pernah menduduki posisi kunci di Kementerian Dalam Negeri itu tidak 'nyambung' dengan tugas yang diembannya saat ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement