Senin 27 Oct 2014 01:39 WIB
Kabinet Kerja

Ketua DPD: Jokowi Buktikan Mampu Bentuk Kabinet Profesional

Rep: Muhammad Akbar Wijaya/ Red: Bayu Hermawan
  Presiden Jokowi menyapa para pendukungnya pada Konser Salam 3 Jari di lapangan Monumen Nasional, Jakarta, Senin (20/10) malam.   (Republika/Yasin Habibi)
Presiden Jokowi menyapa para pendukungnya pada Konser Salam 3 Jari di lapangan Monumen Nasional, Jakarta, Senin (20/10) malam. (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Irman Gusman mengapresiasi Kabinet Kerja yang diumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Irman menilai, dari susunan kabinet sudah mencerminkan profesionalisme.

"Dengan berbagai keterbatasan, beliau mampu membentuk kabinet yang profesional," kata Irman saat dihubungi Republika, Ahad (26/10).

Irman mengatakan Jokowi bukan ketua umum partai politik. Dalam konteks memilih menteri, Jokowi tentu mesti berkomunikasi dan bernegosiasi dengan para ketua umum partai pengusungnya.

Namun menurutnya Jokowi berhasil membuktikan diri memilih menteri dari politisi yang berkualitas. "Orang partai yang punya rekam jejak dan pengalaman," ujarnya.

Soal integritas para menteri, Irman tidak meragukan. Dia percaya menteri yang masuk dalam kabinet telah lolos dalam proses seleksi yang dilakukan KPK dan PPATK. "Integritas menteri tidak kita ragukan," katanya.

Ia menambahkan, DPD berharap pemerintahan Jokowi-JK bisa memberi perhatian terhadap pembangunan di daerah. Janji Jokowi-JK untuk membangun Indonesia dari daerah harus bisa diterjemahkan para menterinya. 

"Harapan saya tentu visi misi Jokowi-JK bagaimana pembaguanan dari daerah mudah-mudahan bisa diterjemahkan dalam realisasi kerja," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement