Sabtu 25 Oct 2014 17:00 WIB

Menkeu dan Kepala Bappenas Harus Orang yang Langsung ‘Lari’

Rep: C01/ Red: Indira Rezkisari
Bappenas
Foto: blogspot.com
Bappenas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sambil menunggu pengumuman resmi mengenai susunan kabinet pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) – Jusuf Kalla (JK), prediksi dan kriteria ideal mengenai susunan kabinet selalu menarik untuk dibahas.

Sekretaris Komite Ekonomi Nasional (KEN) Aviliani menilai beberapa nama yang marak muncul di media dan digadang sebagai Menteri Ekonomi merupakan orang-orang yang sudah biasa menangani permasalahan ekonomi di Indonesia. Aviliani melihat munculnya beberapa nama ‘orang lama’ sebagai kandidat Menteri Ekonomi merupakan hal yang positif. Karena, jika posisi Menteri Keuangan diisi oleh orang yang sudah terbiasa, dia sudah paham apa saja masalah dalam ranah keuangan.

“Jadi kalau orang bilang, ibaratnya tinggal lari,”ujar Aviliani, Sabtu (25/10).

Selain Menteri Ekonomi, Aviliani menilai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) juga perlu diisi oleh orang yang sudah paham dan terbiasa di bidangnya. Pasalnya, perencanaan dareh sangat membutuhkan kesinambungan.

Aviliani pun berharap Kepala Bappenas akan diisi oleh orang lama yang kompeten dan sudah mengerti permasalahan di Bappenas. “Jangan sampai yang tidak punya pengalaman,” kata Aviliani.

Aviliani melihat orang yang belum memiliki pengalaman membutuhkan waktu untuk beradaptasi dan mempelajari medan kembali. Padahal Bappenas nanti akan berhubungan dengan Menteri Keuangan, sehingga perlu orang yang bisa menyeimbangi Menteri Keuangan.

“Saya tidak tahu siapa (yang akan mengisi posisi tersebut), tapi saya pikir yang diperlukan adalah orang-orang yang langsung ‘lari’ itu,” katanya menyambung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement