Selasa 21 Oct 2014 05:15 WIB

Makna Tiga Potong Tumpeng Jokowi

Rep: C04/ Red: Erdy Nasrul
 Presiden Jokowi memotong tumpeng pada Konser Salam 3 Jari di lapangan Monumen Nasional, Jakarta, Senin (20/10) malam.   (Republika/Yasin Habibi)
Presiden Jokowi memotong tumpeng pada Konser Salam 3 Jari di lapangan Monumen Nasional, Jakarta, Senin (20/10) malam. (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam pemotongan tumpeng di Monas, Jokowi memberikan tiga potongan tumpeng kepada tiga masyarakat yang berbeda generasi. Tumpeng tersebut diracik dengan 34 bumbu yang merupakan suatu simbol yang mewakili 34 provinsi di Indonesia.

Pemotongan tumpeng pertama diberikan Jokowi kepada seorang wanita yang berprofesi sebagi supir taksi yang bernama Siti Tukiyah. Pemberian tumpeng ini sengaja diberikan kepada Siti karena ia dinilai sebagai wanita tegar yang bisa menafkahi anaknya.

Potongan tumpeng kedua diberikan Jokowi kepada tiga wanita yang berprofesi sebagai pedagang di Pasar Tradisional, Papua.

"Potongan ketiga yang termuda dan teristimewa diberikan kepada pelajar SMA yang bernama Yosephine Monica sebagai peraih medali emas pertama Olimpiade International Fisika," ujar Farhan selaku MC Konser Rakyat Salam 3 Jari di Monas, senin (20/10).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement