Senin 20 Oct 2014 23:15 WIB

Pengamat: Pidato Jokowi 'Rasa' Bung Karno

Rep: c09/ Red: Bilal Ramadhan
  Presiden Jokowi menyapa para pendukungnya pada Konser Salam 3 Jari di lapangan Monumen Nasional, Jakarta, Senin (20/10) malam.   (Republika/Yasin Habibi)
Presiden Jokowi menyapa para pendukungnya pada Konser Salam 3 Jari di lapangan Monumen Nasional, Jakarta, Senin (20/10) malam. (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA– Diakhir pidato kenegaraannya pada pascapelantikan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2014-2019, Joko Widodo (Jokowi) mengajak rakyat mengingat pesan Presiden pertama RI, Bung Karno, untuk membangun negara yang besar kuat, makmur dan damai.

Menurut pengamat politik UGM, Arie Sujito, Jokowi menjadikan Bung Karno sebagai inspirasi pribadi setelah ia resmi menjadi Presiden RI ke-7. Pesan Bung Karno yang dikatakan oleh Jokowi dalam pidatonya tidak hanya sebagai pengingat bagi seluruh rakyat Indonesia, tapi juga bagi dirinya sendiri.

“Jokowi mengingatkan dirinya sendiri agar seperti Bung Karno yang bekerja untuk rakyat dan konstitusi, bukan untuk kepentingan pribadi,” ujar Arie, saat dihubungi Republika, Senin (20/10).

Arie menambahkan, dalam hal ini Jokowi merasa impian Bung Karno untuk mewujudkan cita-cita bangsa, belum terlaksana. Indonesia masih jauh dari kemakmuran dan kedamaian seperti apa yang diinginkan oleh Bapak Bangsa tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement