Selasa 07 Oct 2014 23:04 WIB

Ini Paket Pimpinan MPR KIH dan KMP di Sidang Paripurna

Rep: Muhammad Akbar Wijaya / Red: Hazliansyah
Suasana jalannya sidang paripurna pemilihan pimpinan MPR di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa (7/10).(Republika/Agung Supriyanto)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Suasana jalannya sidang paripurna pemilihan pimpinan MPR di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa (7/10).(Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Koalisi Merah Putih (KMP) dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) telah mengajukan nama paket calon pimpinan MPR dalam sidang paripurna.

Lima fraksi KMP di DPR yakni: Fraksi Golkar, Fraksi Gerindra, Fraksi PAN, dan Fraksi PKS sepakat mengajukan Zulkifli Hasan sebagai calon Ketua MPR, Mahyudin sebagai Wakil Ketua MPR, E.E. Mangindaan sebagai Wakil Ketua MPR, dan Hidayat Nurwahid sebagai Wakil Ketua MPR. 

Sementara dari unsur DPD, KMP sepakat mengajukan Oesman Sapta Odang sebagai Wakil Ketua MPR. 

"Permasalahan bangsa ini sangat besar. Tidak bisa diurus satu-dua fraksi. Semoga pimpinan MPR mendatang bisa mengawal konstitusi," kata Ketua Fraksi MPR Gerindra, Edhy Prabowo di Gedung Paripurna Nusantara I, Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (7/10).

Sementara itu empat fraksi KIH di DPR yang terdiri dari Fraksi PDIP, Fraksi PKB, Fraksi Hanura, dan Fraksi Nasdem sepakat mengajukan Oesman Sapta Odang (DPD) sebagai Calon Ketua MPR, Achmad Basarah (PDIP) sebagai Wakil Ketua MPR, Imam Narowi sebagai Wakil Ketua MPR (PKB), Rio Patrice Capella sebagai Wakil Ketua MPR (Nasdem), dan Hasrul Azwar sebagai Wakil Ketua MPR (PPP). 

PPP yang selama ini terkesan bimbang akhirnya juga mendukung paket yang diajukan KIH. 

Sidang paripurna MPR yang sempat diskors selama lebih dari 10 jam kembali dibuka pada pukul 22.00 WIB. Sidang paripurna melibatkan 677 anggota MPR dari unsur DPR dan DPD. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement