Kamis 02 Oct 2014 11:15 WIB

Jokowi tak Khawatir Koalisi Merah Putih Sapu Bersih Pimpinan DPR

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Bayu Hermawan
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo
Foto: Republika/ Wihdan
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) menerima dengan legowo atas kekalahan koalisinya dalam perebutan kursi pimpinan DPR. Ia bahkan mengucapkan selamat pada Partai Golkar yang berhasil memenangkan jabatan tersebut.

"Saya mengucapkan selamat pada Pak Setya Novanto yang jadi ketua DPR," ujarnya di Balai Kota, Kamis (2/10).

Jokowi mengatakan terpilihnya Setya sebagai pimpinan DPR adalah tradisi baru. Sebab sebelumnya pimpinan DPR selalu berasal dari partai pemenang pemilu. Meski demikian, ia mengaku tak khawatir Koalisi Merah Putih akan mengganggu kerja pemerintah. Karena sejatinya pemerintah dan DPR adalah mitra kerja.

"Dewan dan pemerintah ini mitra. Tidak ada kekhawatiran," kata presiden terpilih yang akan dilantik pada 20 Oktober tersebut.

Jokowi pun kembali bercerita mengenai pengalamannya menjalankan pemerintah di Jakarta. Menurut Jokowi, pemerintah tetap bisa menjalankan semua programnya meski komposisi partai pendukung di DPRD hanya 11 persen.

"Saya optimistis, percaya enggak ada masalah," ucapnya.

Seperti diketahui, dalam rapat paripurna di DPR dini hari tadi, Koalisi Merah Putih berhasil memenangkan paket pemilihan pimpinan DPR dengan mengusung Setya Novanto sebagai ketua. Adapun Koalisi Indonesia Hebat walk out karena tak dapat mengajukan paket pimpinan DPR.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement