Selasa 30 Sep 2014 09:41 WIB

DPD Ingin Hapus Kesenjangan Daerah dengan Pusat

Pembacaan Nusantara Setara DPD
Foto: ist
Pembacaan Nusantara Setara DPD

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI  terpilih periode 2014-2019 menandatangani komitmen untuk mengikis kesenjangan di Nusantara.

"Seluruh anggota DPD memiliki kewajiban dan tugas untuk mengikis kesenjangan di Nusantara. Hal ini harus dilakukan mengingat masih tingginya disparitas dari berbagai sisi di Indonesia," kata anggota DPD RI Terpilih Periode 2014-2019  kata Nono Sampono, Selasa (30/9).

Nono sebagai penggagas komitmen yang dinamakan Nusantara Setara tersebut, mengajak semua pihak untuk mempertahankan keutuhan bangsa dan bertekad menjaga Pancasila serta Bhinneka Tunggal Ika.

Deklarasi dibacakan langsung oleh anggota DPD terpilih asal Maluku tersebut. Kontennya antara lain menyebutkan, NKRI mutlak dipertahankan sepanjang hayat. Kemudian, senator Indonesia menjaga kewibawaan DPD sebagai lembaga tinggi negara, dan akan terus menguatkan peran, fungsi dan kewenangan DPD dengan amandemen ke-5 UUD 1945, sehingga menjadi kekuatan penyeimbang  DPR RI.

Kemudian, DPD juga memerjuangkan anggaran pembangunan yang lebih adil dan proporsional juga menjadi tujuan DPD. Berikut dengan rancangan undang-undang yang berbasis karakter wilayah.

“Senator Indonesia bertekad menyempurnakan tata aturan pemerintahan daerah, dengan melakukan pengkajian dan membuat rancangan revisi Undang-Undang tentang Otonomi Daerah, Pemerintahan Daerah, dan Pemilihan Kepala Daerah,” ujar Nono.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement