Ahad 28 Sep 2014 13:26 WIB

Pedagang Batu Akik Untung Jutaan Rupiah per Hari

Rep: mgrol71/ Red: Joko Sadewo
Batu akik
Foto: bakulakik.com
Batu akik

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Industri kreatif batu mulia ternyata cukup mendatangkan banyak keuntungan. Seorang pedagang batu mulia atau yang lebih dikenal dengan sebutan batu akik bahkan mampu meraup keuntungan jutaan rupiah per harinya.

"Alhamdulillah, sekotor-kotornya 1 juta per hari. Ramai terus tiap hari selama dua tahun ini" kata Iwan saat ditemui Republika Online (ROL), di Pasar Minggu, Jakarta Selatan Ahad (28/9).

Dikatakannya, proses pengolahan batu menjadi hiasan seperti batu akik tidak memakan banyak waktu yang lama. Juga pembuatannya, menurutnya, bisa dilakukan dengan mudah.

Konsumen yang mampir kelapaknya, menurutnya, sangat beragam. Mulai dari kalangan ekonomi menengah ke bawah sampai bos kolektor batu mulia. Sedangkan untuk bahan mentah di datangkan dari pulau Jawa sampai luar Jawa.

Biasanya untuk batu akik yang umum dikonsumsi publik kisaran harga 500 ribu sampai 1 juta. Sedangkan batu yang banyak digemari seperti Bacan, harganya mencapai 10 juta lebih. Tergantung ukuran, bentuk dan motifnya serta tingkat kekerasan batu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement