Kamis 25 Sep 2014 10:33 WIB
Pilkada Lewat DPRD

Koalisi Merah Putih: RUU Pilkada Ujian Soliditas

Rep: Muhammad Akbar Wijaya/ Red: Mansyur Faqih
Wakil Sekjen Partai Golkar Tantowi Yahya.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Wakil Sekjen Partai Golkar Tantowi Yahya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru bicara koalisi Merah Putih, Tantowi Yahya memandang pengambilan keputusan RUU Pilkada dalam sidang paripurna hari ini menjadi ujian bagi soliditas koalisi. 

Karena RUU Pilkada merupakan isu besar dan krusial bagi perjalanan demokrasi Indonesia. "Iya itu benar sekali (ujian soliditas koalisi). Karena habis ini sudah tidak ada lagi isu besar yang akan diambil," kata Tantowi di Kompleks Parlemen Senayan, Kamis (25/9).

Wasekjen Partai Golkar itu memastikan koalisi koalisi Merah Putih akan tetap solid, apa pun hasil putusan sidang paripurna soal RUU Pilkada. Sebab koalisi masih memiliki banyak agenda besar tentang perbaikan sistem demokrasi. "Itu juga proyek besar yang mesti diperjuangkan," ujarnya.

RUU Pilkada akan diputuskan hari ini, Kamis (25/9). Salah satu isu krusial dalam RUU tersebut adalah soal pengubahan pelaksanaan pilkada dari langsung menjadi tak langsung melalui DPRD. 

Sejumlah partai yang mendukung pilkada langsung adalah PDIP, PKB, Hanura, dan Demokrat dengan syarat 10 opsi perbaikan. 

Sementara yang mendukung pilkada tidak langsung adalah Golkar, Gerindra, PPP, PKS, PAN. Pengambilan putusan diprediksi akan melalui mekanisme voting.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement